11 December, 2006

Kuliah 10

MATA KULIAH DASAR-DASAR
PENULISAN NASKAH PUBLIC RELATIONS
Oleh : Sjafriel Salim, MPS Comm.

Kuliah 10
Penulisan Press Release (Siaran Pers)

Pada suatu saat, ada kebutuhan untuk memberitahu khalayak tentang kejadian atau perkembangan baru, menyangkut institusi tempat kita (public relations) bekerja atau insitusi yang kita wakili kepentingannya (klien). Pada waktu yang lain, mungkin saja ada sesuatu yang baru yang harus diperkenalkan kepada orang banyak, boleh jadi produk baru mungkin pula suatu institusi yang baru dibentuk, peraturan yang baru diberlakukan, atau seseorang yang perlu diperkenalkan kepada publik. Bantuan wartawan dan medianya kerapkali dibutuhkan untuk meluruskan informasi yang tersiar secara resmi tetapi mengandung kekeliruan atau ketidakjelasan. Bahkan besar kemungkinan, bantuan wartawan dan media massa menjadi penting karena ada bantahan yang harus disiarkan setelah di lingkungan khalayak beredar informasi yang tersiar secara resmi namun sama sekali salah, atau membantah serta meluruskan rumor yang mengandung ketidakbenaran. Wartawan dan media massa sering juga “dipergunakan” sekadar untuk membuat agar publik tetap tahu akan keberadaan suatu insitusi, menjaga citra dan kredibilitas.
Jadi, tujuan pembuatan siatan pers adalah sebagai berikut:
· Memberitahu khalayak tentang kejadian atau perkembangan baru
· Memperenalkan sesuatu yang baru kepada orang banyak
· Meluruskan informasi yang tersiar secara resmi tapi mengandung kekeliruan atau ketidakjelasan.
· Membantah atau meluruskan rumor yang mengandung ketidakbenaran
· Membuat agar publik tetap tahu akan keberadaan suatu institusi, atau manjaga citra dan kredibilitas.

Contoh: (Lihat bahan fotocopy dari Soemirat)
Penulisan press release ini menggunakan rumus Piramida Terbalik. Maksudnya bagian yang paling penting diletakkan di bagian awal tulisan. Semakin ke bawah semakin kurang penting isinya yang biasanya merupakan pelengkap berita utama saja..

Siaran Pers
PEMBUKAAN ABN AMBRO BANDUNG (Judul)

1). Paragraf 1: Pembukaan ABN ANBRO Bank (What) di Bandung (Where) dilakukan hari ini (15 Okt) (When) oleh Bapak Karma Swanda ata nama Gubernur Jawa Barat (Who) didampingi Duta Beasr Kerajaan Belanda dan Wakil Presdir ABN AMRO Bank untuk Asia, Australiadan Afrika. Bank telah memberikan perangkat jasa-jasa perusahaan selama hampir satu tahun (Why), sekarang bank melayani perangkat penuh jasa-jasa perorangan dan peruahaan (How).

Catatan: Paragraf pertama ini adalah LEAD (kepala tulisan) dari keseluruhan tulisan. Di dalamnya terkandung 5W + 1 H.

2). Paragraf 2: ABN MRO Bank adalah salah satu bank. dstnya. . . .

3). Paragraf 3: Gedung bank yang baru di Jalan Jawa dstnya. . . . . . .

Sekian

0 Comments:

Post a Comment

<< Home